TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

1 Raja-raja 21:13

Konteks
21:13 Kemudian datanglah dua orang, yakni orang-orang dursila itu, lalu duduk menghadapi Nabot. Orang-orang dursila itu naik saksi terhadap Nabot di depan rakyat, katanya: "Nabot telah mengutuk Allah dan raja." Sesudah itu mereka membawa dia ke luar kota, lalu melempari dia dengan batu sampai mati. i 

Ayub 21:7

Konteks
21:7 Mengapa orang fasik tetap hidup 1 , menjadi tua, bahkan menjadi bertambah-tambah kuat? g 

Mazmur 22:16

Konteks
22:16 (22-17) Sebab anjing-anjing i  mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk j  tangan dan kakiku 2 .

Mazmur 58:1-2

Konteks
Terhadap pembesar yang lalim
58:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Jangan memusnahkan. Miktam dari Daud. (58-2) Sungguhkah kamu memberi keputusan yang adil, g  hai para penguasa? Apakah kamu hakimi anak-anak manusia dengan jujur? 58:2 (58-3) Malah sesuai dengan niatmu kamu melakukan kejahatan, h  tanganmu, menjalankan kekerasan di bumi. i 

Mazmur 59:2

Konteks
59:2 (59-3) Lepaskanlah aku dari pada orang-orang yang melakukan kejahatan c  dan selamatkanlah aku dari pada penumpah-penumpah darah. d 

Mazmur 59:4

Konteks
59:4 (59-5) aku tidak bersalah, f  merekalah yang lari dan bersiap-siap. g  Marilah mendapatkan aku, dan lihatlah! h 

Mazmur 82:1-5

Konteks
Allah dalam sidang ilahi
82:1 Mazmur Asaf. Allah berdiri dalam sidang ilahi, di antara para allah t  Ia menghakimi: u  82:2 "Berapa lama lagi kamu menghakimi dengan lalim dan memihak v  kepada orang fasik? w  Sela 82:3 Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, x  belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan! y  82:4 Luputkanlah orang yang lemah dan yang miskin, lepaskanlah mereka dari tangan orang fasik!" 82:5 Mereka tidak tahu dan tidak mengerti apa-apa, z  dalam kegelapan a  mereka berjalan; goyanglah segala dasar b  bumi.

Mazmur 94:3

Konteks
94:3 Berapa lama lagi orang-orang fasik, ya TUHAN, berapa lama lagi orang-orang fasik beria-ria? l 

Mazmur 94:20-21

Konteks
94:20 Masakan bersekutu dengan Engkau takhta kebusukan o , yang merancangkan bencana berdasarkan ketetapan? p  94:21 Mereka bersekongkol q  melawan jiwa orang benar, dan menyatakan fasik darah r  orang yang tidak bersalah. s 

Yesaya 1:21-23

Konteks
Hukuman atas Yerusalem
1:21 Bagaimana ini, kota yang dahulu setia sekarang sudah menjadi sundal! c  Tadinya penuh keadilan dan di situ selalu diam kebenaran, d  tetapi sekarang penuh pembunuh. e  1:22 Perakmu tidak murni f  lagi dan arakmu bercampur air. 1:23 Para pemimpinmu adalah pemberontak g  dan bersekongkol dengan pencuri. h  Semuanya suka menerima suap i  dan mengejar sogok. Mereka tidak membela hak anak-anak yatim, dan perkara janda-janda tidak sampai kepada mereka. j 

Yesaya 59:2-8

Konteks
59:2 tetapi yang merupakan pemisah d  antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu 3 , dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, e  ialah segala dosamu. 59:3 Sebab tanganmu cemar oleh darah f  dan jarimu oleh kejahatan; g  mulutmu mengucapkan dusta, h  lidahmu menyebut-nyebut kecurangan. 59:4 Tidak ada yang mengajukan pengaduan dengan alasan benar, dan tidak ada yang menghakimi i  dengan alasan teguh; orang mengandalkan j  kesia-siaan dan mengucapkan dusta, k  orang mengandung bencana dan melahirkan kelaliman. l  59:5 Mereka menetaskan telur ular beludak, m  dan menenun sarang n  laba-laba; siapa yang makan dari telurnya itu akan mati, dan apabila sebutir ditekan pecah, keluarlah seekor ular beludak. 59:6 Sarang yang ditenun itu tidak dapat dipergunakan sebagai pakaian, dan buatan o  mereka itu tidak dapat dipakai sebagai kain; perbuatan mereka adalah perbuatan kelaliman, dan yang dikerjakan tangan mereka adalah kekerasan belaka. p  59:7 Mereka segera melakukan kejahatan, dan bersegera hendak menumpahkan darah q  orang yang tidak bersalah; rancangan mereka adalah rancangan r  kelaliman, dan ke mana saja mereka pergi s  mereka meninggalkan kebinasaan dan keruntuhan. 59:8 Mereka tidak mengenal t  jalan damai, dan dalam jejak mereka tidak ada keadilan; mereka mengambil jalan-jalan yang bengkok, u  dan setiap orang yang berjalan di situ tidaklah mengenal damai. v 

Yesaya 59:13-15

Konteks
59:13 kami telah memberontak e  dan mungkir terhadap TUHAN, dan berbalik f  dari mengikuti Allah kami, kami merancangkan pemerasan g  dan penyelewengan, mengandung dusta h  dalam hati dan melahirkannya dalam kata-kata. 59:14 Hukum telah terdesak ke belakang, dan keadilan i  berdiri jauh-jauh, sebab kebenaran j  tersandung di tempat umum dan ketulusan k  ditolak orang. 59:15 Dengan demikian kebenaran l  telah hilang, dan siapa yang menjauhi kejahatan, ia menjadi korban rampasan. Tetapi TUHAN melihatnya, dan adalah jahat di mata-Nya bahwa tidak ada hukum. m 

Yeremia 5:27-29

Konteks
5:27 Seperti sangkar menjadi penuh dengan burung-burung, demikianlah rumah mereka menjadi penuh dengan tipu; k  itulah sebabnya mereka menjadi orang besar dan kaya, l  5:28 orang gemuk m  dan gendut. Di samping itu mereka membiarkan berlalu kejahatan-kejahatan, tidak mengindahkan hukum, tidak memenangkan perkara anak yatim, n  dan tidak membela hak orang miskin. o  5:29 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku p  kepada bangsa yang seperti ini?"

Yeremia 12:1

Konteks
Keluhan Yeremia dan jawab Allah
12:1 Engkau memang benar, h  ya TUHAN, bilamana aku berbantah i  dengan Engkau! Tetapi aku mau berbicara dengan Engkau tentang keadilan: j  Mengapakah mujur k  hidup orang-orang fasik 4 , sentosa semua orang yang berlaku tidak setia?

Yeremia 12:6

Konteks
12:6 Sebab saudara-saudaramu dan kaum keluargamu 5 , mereka sendiri juga berbuat khianat terhadap engkau; mereka juga bersama-sama di belakangmu. v  Janganlah percaya kepada mereka, sekalipun mereka berkata manis kepadamu! w 

Yeremia 26:8

Konteks
26:8 Lalu sesudah Yeremia selesai mengatakan segala apa yang diperintahkan x  TUHAN untuk dikatakan kepada seluruh rakyat itu, maka para imam, para nabi dan seluruh rakyat itu menangkap y  dia serta berkata: "Engkau harus mati 6 ! z 

Yeremia 26:21-23

Konteks
26:21 Ketika raja Yoyakim, c  bersama-sama dengan segenap perwiranya dan semua pemuka, d  mendengar perkataan orang itu, maka rajapun mencari ikhtiar untuk membunuhnya. e  Mendengar hal itu maka takutlah Uria, lalu melarikan diri f  dan tiba di Mesir. 26:22 Kemudian raja Yoyakim menyuruh orang ke Mesir, yaitu Elnatan g  bin Akhbor beserta beberapa orang. 26:23 Mereka mengambil Uria dari Mesir dan membawanya kepada raja Yoyakim. Raja menyuruh membunuh dia 7  dengan pedang h  dan melemparkan mayatnya ke kuburan rakyat i  biasa.

Yeremia 37:14-16

Konteks
37:14 Dan sekalipun Yeremia menjawab: "Itu bohong, aku tidak hendak menyeberang kepada orang Kasdim!", tetapi Yeria tidak mendengarkan, lalu ia menangkap q  Yeremia dan membawanya menghadap para pemuka. 37:15 Para pemuka ini menjadi marah kepada Yeremia; mereka memukul r  dia dan memasukkannya ke dalam rumah tahanan 8 , s  rumah t  panitera Yonatan itu; adapun rumah itu telah dibuat mereka menjadi penjara. 37:16 Demikianlah halnya Yeremia masuk ke dalam ruang cadangan air di bawah tanah itu. Dan lama Yeremia tinggal di sana.

Yeremia 38:4-6

Konteks
38:4 Maka berkatalah para pemuka j  itu kepada raja: "Baiklah orang ini dihukum mati! k  Sebab sebenarnya dengan mengatakan hal-hal seperti itu maka ia melemahkan l  semangat prajurit-prajurit yang masih tinggal di kota ini dan semangat segenap rakyat. Sungguh, orang ini tidak mengusahakan kesejahteraan untuk bangsa ini, melainkan kemalangan." 38:5 Raja Zedekia menjawab: "Baiklah, ia ada dalam kuasamu 9 ! m  Sebab raja tidak dapat berbuat apa-apa menentang n  kamu!" 38:6 Maka mereka mengambil Yeremia dan memasukkannya ke dalam perigi 10  milik pangeran Malkia yang ada di pelataran penjagaan o  itu; mereka menurunkan Yeremia dengan tali. p  Di perigi itu tidak ada air, q  hanya lumpur, lalu terperosoklah Yeremia ke dalam lumpur r  itu.

Yehezkiel 22:25-30

Konteks
22:25 yang pemimpin-pemimpinnya di tengah-tengahnya seperti singa c  d  yang mengaum, yang menerkam mangsanya: manusia ditelan, e  harta benda dan barang-barang yang berharga dirampas, janda-janda f  dibuat bertambah-tambah di tengah-tengahnya. 22:26 Imam-imamnya memperkosa hukum Taurat-Ku g  dan menajiskan hal-hal yang kudus bagi-Ku, mereka tidak membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, h  tidak mengajarkan perbedaan yang najis dengan yang tahir, i  mereka menutup mata terhadap hari-hari Sabat-Ku. Demikianlah Aku dinajiskan j  di tengah-tengah mereka. k  22:27 Pemuka-pemukanya l  di tengah-tengahnya adalah seperti serigala-serigala m  yang menerkam mangsanya dalam kehausan akan darah, yang membinasakan orang-orang n  untuk menguntungkan o  diri sendiri secara haram. 22:28 Dan nabi-nabinya mengoles mereka dengan kapur 12  p  dengan melihat penglihatan yang menipu dan memberi tenungan q  bohong bagi mereka; nabi-nabi itu berkata: Beginilah firman Tuhan ALLAH! --tetapi TUHAN tidak berfirman. r  22:29 Penduduk negeri melakukan pemerasan dan perampasan, s  menindas orang sengsara dan miskin dan mereka melakukan pemerasan terhadap orang asing t  bertentangan dengan hukum. u  22:30 Aku mencari di tengah-tengah mereka seorang 13  yang hendak mendirikan tembok v  atau yang mempertahankan negeri itu di hadapan-Ku, supaya jangan Kumusnahkan, tetapi Aku tidak menemuinya. w 

Hosea 10:4

Konteks
10:4 Mereka membual, mengangkat sumpah m  dusta, mengikat perjanjian, n  sehingga tumbuh hukum seperti pohon upas o  di alur-alur ladang.

Amos 5:7

Konteks
Melawan perkosaan keadilan
5:7 Hai kamu yang mengubah keadilan menjadi ipuh v  dan yang mengempaskan kebenaran w  ke tanah 14 ! x 

Amos 5:12

Konteks
5:12 Sebab Aku tahu, bahwa perbuatanmu yang jahat banyak dan dosamu j  berjumlah besar, hai kamu yang menjadikan orang benar terjepit 15 , yang menerima uang suap k  dan yang mengesampingkan orang miskin l  di pintu gerbang. m 

Mikha 2:1-2

Konteks
Kutuk atas orang yang menindas
2:1 Celakalah orang-orang yang merancang kedurjanaan 16  dan yang merencanakan kejahatan s  di tempat tidurnya; t  yang melakukannya di waktu fajar, sebab hal itu ada dalam kekuasaannya; 2:2 yang apabila menginginkan ladang-ladang, u  mereka merampasnya, v  dan rumah-rumah, mereka menyerobotnya; yang menindas w  orang dengan rumahnya, manusia dengan milik pusakanya! x 

Mikha 3:1-3

Konteks
Menentang pemimpin dan nabi palsu di Israel
3:1 Kataku: Baiklah dengar, hai para kepala s  di Yakub 17 , dan hai para pemimpin kaum Israel! Bukankah selayaknya kamu mengetahui keadilan, 3:2 hai kamu yang membenci kebaikan dan yang mencintai kejahatan 18 ? Mereka merobek kulit dari tubuh bangsaku dan daging dari tulang-tulangnya; t  3:3 mereka memakan daging bangsaku 19 , dan mengupas kulit u  dari tubuhnya; mereka meremukkan v  tulang-tulangnya, dan mencincangnya w  seperti daging dalam kuali, seperti potongan-potongan daging di dalam belanga. x 

Mikha 7:2-4

Konteks
7:2 Orang saleh sudah hilang dari negeri, d  dan tiada e  lagi orang jujur di antara manusia. Mereka semuanya mengincar f  darah, g  yang seorang mencoba menangkap yang lain h  dengan jaring. i  7:3 Tangan mereka sudah cekatan berbuat jahat; j  pemuka menuntut, hakim dapat disuap; k  pembesar memberi putusan sekehendaknya, dan hukum, mereka putar balikkan! 7:4 Orang yang terbaik di antara mereka adalah seperti tumbuhan duri, l  yang paling jujur di antara mereka seperti pagar duri; m  hari bagi pengintai-pengintaimu, hari penghukumanmu, telah datang, sekarang akan mulai kegemparan n  di antara mereka!

Matius 23:34-36

Konteks
23:34 Sebab itu, lihatlah, Aku mengutus kepadamu nabi-nabi, orang-orang bijaksana dan ahli-ahli Taurat: separuh di antara mereka akan kamu bunuh dan kamu salibkan, v  yang lain akan kamu sesah di rumah-rumah ibadatmu w  dan kamu aniaya dari kota ke kota, x  23:35 supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, y  orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, z  yang kamu bunuh di antara tempat kudus dan mezbah. a  23:36 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semuanya ini akan ditanggung angkatan ini! b "

Matius 26:59-66

Konteks
26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama l  mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, 26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi m  dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, n  26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari. o " 26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?" 26:63 Tetapi Yesus tetap diam. p  Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi q  Allah yang hidup, r  katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, s  Anak Allah, t  atau tidak." 26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. u  Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa v  dan datang di atas awan-awan di langit. w " 26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya x  dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. 26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati! y "

Matius 27:1-2

Konteks
Yesus diserahkan kepada Pilatus Kematian Yudas
27:1 Ketika hari mulai siang, semua imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi berkumpul dan mengambil keputusan untuk membunuh c  Yesus. 27:2 Mereka membelenggu Dia, lalu membawa-Nya dan menyerahkan-Nya d  kepada Pilatus 20 , wali negeri e  itu.

Matius 27:25-26

Konteks
27:25 Dan seluruh rakyat itu menjawab: "Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan atas anak-anak kami! c " 27:26 Lalu ia membebaskan Barabas bagi mereka, tetapi Yesus disesahnya 21  d  lalu diserahkannya untuk disalibkan.

Kisah Para Rasul 7:52

Konteks
7:52 Siapakah dari nabi-nabi yang tidak dianiaya v  oleh nenek moyangmu? Bahkan mereka membunuh orang-orang yang lebih dahulu memberitakan tentang kedatangan Orang Benar, yang sekarang telah kamu khianati dan kamu bunuh. w 

Kisah Para Rasul 7:59

Konteks
7:59 Sedang mereka melemparinya Stefanus berdoa, katanya: "Ya Tuhan Yesus, terimalah rohku. i "

Kisah Para Rasul 23:12-14

Konteks
Komplotan orang-orang Yahudi
23:12 Dan setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan p  dan bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus. q  23:13 Jumlah mereka yang mengadakan komplotan itu lebih dari pada empat puluh orang. 23:14 Mereka pergi kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi dan berkata: "Kami telah bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa kami tidak akan makan atau minum, sebelum kami membunuh Paulus. r 

Yakobus 2:6-7

Konteks
2:6 Tetapi kamu telah menghinakan orang-orang miskin. b  Bukankah justru orang-orang kaya yang menindas kamu dan yang menyeret kamu ke pengadilan? c  2:7 Bukankah mereka yang menghujat Nama yang mulia, yang oleh-Nya kamu menjadi milik Allah?
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[21:7]  1 Full Life : MENGAPA ORANG FASIK TETAP HIDUP.

Nas : Ayub 21:7

Ayub mempersoalkan ketidakadilan hidup ini, khususnya kemakmuran, keberhasilan, dan kebahagiaan banyak orang fasik. Mazm 73:1-28 membahas masalah teologi ini. Kadang-kadang yang "murni hatinya" justru "kena tulah" (Mazm 73:1,14), sedangkan yang fasik makmur dan "kesakitan tidak ada pada mereka" (Mazm 73:3-5). Allah menanggapinya dengan menyatakan kesudahan hidup orang benar dan orang jahat (Mazm 73:16-28). Pada akhirnya, Allah akan dengan adil memperbaiki segala hal dan memberikan kepada setiap orang sesuai dengan perbuatannya dan kasihnya akan kebenaran (Rom 2:5-11). Yang fasik tidak akan luput dari hukuman, dan yang benar pasti akan dibenarkan dan diberi pahala (Rom 2:5-11; Wahy 2:10).

[22:16]  2 Full Life : MENUSUK TANGAN DAN KAKIKU.

Nas : Mazm 22:17

Kata-kata ini pun menubuatkan peristiwa penyaliban (bd. Yoh 20:25;

lihat cat. --> Mat 27:35).

[atau ref. Mat 27:35]

[59:2]  3 Full Life : YANG MERUPAKAN PEMISAH ... IALAH SEGALA KEJAHATANMU.

Nas : Yes 59:2

Dosa dan kefasikan di dalam hidup kita menjadi tembok di antara kita dengan Allah. Karena tembok ini, kita tidak lagi mengalami perkenan, perlindungan, pertolongan, atau keselamatan dari Allah; jadi doa-doa kita tidak akan terjawab (Mazm 66:18).

[12:1]  4 Full Life : MENGAPAKAH MUJUR HIDUP ORANG-ORANG FASIK?

Nas : Yer 12:1-4

Yeremia membandingkan penderitaannya sendiri dengan kemakmuran orang fasik. Ia bingung oleh penundaan hukuman Allah atas mereka. Berusaha memahami keberhasilan materi orang fasik menjadi persoalan yang muncul berkali-kali dalam diri orang kudus PL, karena mereka pada dasarnya berpikir tentang pahala dan hukuman di dunia (lih. Ayub 21:7-15; Mazm 10:1-18; 37:1-40; 73:1-28; 94:1-23; Hab 1:5-13; Mal 3:15).

[12:6]  5 Full Life : SAUDARA-SAUDARAMU DAN KAUM KELUARGAMU.

Nas : Yer 12:6

Rupanya beberapa anggota keluarga Yeremia sendiri berbalik menentangnya dan bertindak licik terhadap dia.

[26:8]  6 Full Life : ENGKAU HARUS MATI!

Nas : Yer 26:8

Karena memberitakan firman Tuhan, Yeremia ditangkap oleh golongan agama yang mapan (yaitu, para imam dan nabi palsu), yang menuntut kematiannya. Para pemimpin agama sering kali menjadi pihak yang terus-menerus menentang mereka yang memanggil orang untuk kembali kepada iman alkitabiah dan kebenaran sejati; hal ini berlaku pada di zaman Yesus, dan juga akan berlaku pada hari-hari terakhir sebelum kedatangan-Nya.

[26:23]  7 Full Life : URIA ... MEMBUNUH DIA.

Nas : Yer 26:23

Yeremia dilepaskan dari kematian, sedangkan nabi benar lainnya, Uria, tidak. Mengapa Allah membiarkan beberapa orang umat-Nya mati syahid dan yang lain mati biasa tidak dijelaskan dalam Alkitab (bd. Kis 12:1-17). Tetapi kita mengetahui bahwa Allah mempunyi rencana abadi dalam apa yang diizinkan-Nya terjadi kepada para pengikut setia-Nya dan bahwa di dalam segala hal Dia bekerja untuk kebaikan mereka

(lihat cat. --> Rom 8:28).

[atau ref. Rom 8:28]

[37:15]  8 Full Life : MEMUKUL ... DAN MEMASUKKANNYA KE DALAM RUMAH TAHANAN.

Nas : Yer 37:15

Beberapa perwira pasukan Yehuda memusuhi Yeremia karena dia menasihati penduduk untuk menyerah saja kepada pasukan Babel (Yer 21:9; Yer 38:2); karena itu mereka menawannya di ruang cadangan air di bawah tanah (ayat Yer 37:16). Ia pasti akan mati di dalam ruangan gelap dan berbahaya itu apabila ia tinggal lebih lama di sana (ayat Yer 37:20).

[38:5]  9 Full Life : IA ADA DALAM KUASAMU.

Nas : Yer 38:5

Raja Zedekia menyerahkan Yeremia ke pada para pejabat karena ia takut pada kuasa dan pengaruh mereka. Kelemahan dan ketiadaan kekuatan moral tampak jelas sepanjang masa pemerintahannya.

[38:6]  10 Full Life : MEMASUKKANNYA KE DALAM PERIGI.

Nas : Yer 38:6

Perigi ini dipakai untuk menampung air hujan sepanjang musim dingin dan menyimpannya untuk musim panas; bentuknya seperti lonceng, bagian atasnya terbuka sekitar satu meter lebarnya. Para pejabat tahu bahwa Yeremia tidak akan bertahan lama di dalam perigi itu. Yeremia menderita sekali akibat mempertahankan kesetiaannya kepada Allah dan firman-Nya. Orang yang setia kepada penyataan Allah dan kebenaran-Nya, dapat mengharapkan perlawanan di dunia ini; penganiayaan karena kebenaran akan datang dari dunia ini, dan sering kali bahkan dari kalangan gereja

(lihat cat. --> Mat 5:10).

[atau ref. Mat 5:10]

[22:25]  11 Full Life : IMAM-IMAMNYA.

Nas : Yeh 22:25-28

Bukannya setia kepada Allah dan panggilan mereka yang kudus, pemimpin-pemimpin rohani umat itu memakai jabatan mereka untuk keuntungan pribadi serta menyerahkan diri kepada kepuasan penuh dosa. Beberapa pemimpin Kristen hari ini bersalah karena dosa yang sama yang mendatangkan kecelaan besar kepada gereja.

[22:28]  12 Full Life : NABI-NABINYA MENGOLES MEREKA DENGAN KAPUR.

Nas : Yeh 22:28

Sebagai akibat dari pengapuran oleh nabi-nabi, umat itu tidak takut akan Allah atau hukuman-Nya meskipun mereka tetap dalam dosa. Dewasa ini ada pendeta yang menghibur anggota jemaat dalam dosa mereka dengan meyakinkan mereka bahwa

  1. (1) semua orang berdosa;
  2. (2) kita hidup dalam suatu zaman di mana mustahil hidup tanpa dosa dan kebejatan karena gelombang kejahatan melanda dengan hebat;
  3. (3) kita hanya manusia dan tidak dapat diharapkan akan hidup menurut standar-standar kekudusan Allah;
  4. (4) Allah mengasihi kita seperti kita ada, apapun perbuatan kita, jadi tidak perlu takut akan Dia atau hukuman-Nya; dan
  5. (5) Allah tidak melihat dosa kita jikalau kita ini orang percaya karena Allah hanya melihat kebenaran Kristus.

[22:30]  13 Full Life : AKU MENCARI ... SEORANG.

Nas : Yeh 22:30

Ketidakbenaran di antara pemimpin-pemimpin (ayat Yeh 22:25-28) dan umat itu (ayat Yeh 22:29) begitu luas di Yehuda sehingga Allah tidak menemukan seorang pun yang akan berusaha menuntun umat itu kembali kepada Allah. Sangat tragis bila ada gereja yang begitu terikat oleh keduniawian dan kompromi rohani sehingga Allah tidak dapat menemukan seorang dalam jemaat itu yang bersedia untuk mengetengahi dengan mendirikan tembok atau "mempertahankan" dalam keadaan yang hendak runtuh. Tidak ada seorang pun untuk berseru melawan kebobrokan rohani dan moral, tidak seorang pun untuk memimpin dalam doa yang rendah hati, pertobatan sejati dan mencari Allah dengan sungguh-sungguh untuk pembaharuan (bd. 2Taw 7:14). Terlalu sering banyak orang yang baik berdiam diri karena roh ketakutan atau berkompromi daripada mengambil risiko menjadi orang yang sungguh-sungguh memohon syafaat untuk kebangunan rohani agar murka dan hukuman Allah dapat dihindari.

[5:7]  14 Full Life : MENGHEMPASKAN KEBENARAN KE TANAH.

Nas : Am 5:7

Kerohanian sejati tidak ada jikalau tidak disertai keinginan akan kebenaran. Kita semua harus menaruh perhatian sungguh-sungguh akan kebenaran dalam hidup kita dan masyarakat di mana kita hidup (bd. Mat 6:33). Kebenaran diungkapkan dengan mengikuti pimpinan Roh Kudus, membenci kejahatan, dan mengasihi kebaikan

(lihat cat. --> Am 5:15).

[atau ref. Am 5:15]

[5:12]  15 Full Life : MENJADIKAN ORANG BENAR TERJEPIT.

Nas : Am 5:12

Di antara semua dosa Israel yang dikemukakan Amos, yang paling menonjol adalah dosa-dosa sosial mereka -- orang kaya yang mengambil keuntungan dari yang miskin dan memeras mereka. Allah menghendaki bahwa kita mempunyai kasih istimewa dan belas kasihan bagi mereka yang perlu bantuan

(lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

[2:1]  16 Full Life : CELAKALAH ORANG-ORANG YANG MERANCANG KEDURJANAAN.

Nas : Mi 2:1-5

Mikha menyatakan malapetaka atas orang tertentu yang cukup berkuasa untuk memeras orang lain supaya mencapai tujuan mereka yang mementingkan diri sendiri.

  1. 1) Mereka adalah tuan tanah yang membeli atau merampas ladang demi ladang; mereka tidak ragu-ragu untuk menipu orang lain agar menambah tanah milik harta mereka. Karena hatinya sudah mengabdi pada keserakahan, mereka tidak peduli lagi akan penderitaan yang diakibatkan pada orang lain.
  2. 2) Allah mempunyai rencana bagi mereka; mereka akan menuai apa yang mereka taburkan. Allah akan mengirim Asyur untuk merampas tanah mereka dan membawa mereka ke dalam pembuangan.
  3. 3) Kita harus hati-hati agar tidak menjadi serakah sehingga memeras orang lain untuk memperoleh uang atau harta

    (lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

[3:1]  17 Full Life : PARA KEPALA DI YAKUB.

Nas : Mi 3:1-12

Bagian ini bernubuat menentang kekejaman golongan yang berkuasa (ayat Mi 3:1-4), penipuan para nabi palsu (ayat Mi 3:5-7), dan pemutarbalikan kebenaran oleh para pemimpin, imam, dan nabi Israel yang murtad (ayat Mi 3:9-12). Allah akan menghukum mereka sepadan dengan perbuatannya.

[3:2]  18 Full Life : MEMBENCI KEBAIKAN ... MENCINTAI KEJAHATAN.

Nas : Mi 3:2

Para pemimpin bangsa itu telah meninggalkan standar-standar saleh masa lalu dan menggantikannya dengan hukum mereka sendiri. Dengan sengaja mereka menyenangi kejahatan dan ketidakadilan dalam usaha untuk memperoleh keuntungan materiel. Allah memanggil kita untuk melakukan hal sebaliknya; mengasihi kebenaran dan membenci kejahatan (lih. Am 5:15; Rom 12:9; Ibr 1:9).

[3:3]  19 Full Life : MEMAKAN DAGING BANGSAKU.

Nas : Mi 3:3

Ungkapan yang hidup ini melukiskan penindasan dan pemerasan rakyat biasa.

[27:2]  20 Full Life : MENYERAHKAN-NYA KEPADA PILATUS.

Nas : Mat 27:2

Inilah tahap ketiga dari penderitaan Kristus. Pada pagi hari Yesus yang sudah dipukul berulang-ulang dan penat, dibawa ke bagian lain kota Yerusalem untuk diperiksa oleh Pilatus. Barabas dilepaskan (ayat Mat 27:21) dan Yesus disesah dan kemudian diserahkan untuk disalibkan (ayat Mat 27:26). (Untuk tahap keempat dari penderitaan Yesus,

lihat cat. --> Mat 27:26).

[atau ref. Mat 27:26]

[27:26]  21 Full Life : YESUS DISESAHNYA.

Nas : Mat 27:26

Inilah tahap keempat dari penderitaan Yesus Kristus.

  1. 1) Penyesahan cara Romawi dilakukan dengan melucuti pakaian korban serta merentangkan tubuhnya pada sebuah tiang atau membungkukkan tubuhnya di atas sebuah tiang yang pendek dengan tangannya diikat. Alat penyesahnya adalah sebuah gagang kayu pendek dengan beberapa tali kulit di ujungnya. Pada ujung tali kulit itu telah diikatkan potongan-potongan kecil besi atau tulang. Dua orang yang berdiri sebelah-menyebelah korban itu akan memukul punggungnya. Sebagai akibatnya, daging punggung korban akan tersayat-sayat demikian rupa sehingga pembuluh-pembuluh darah dan urat nadi, bahkan tidak jarang organ-organ yang ada di dalam tubuh dapat dilihat dari luar. Sering korban sudah mati sementara penyesahan masih dijalankan.
  2. 2) Penyesahan merupakan penyiksaan yang mengerikan. Ketidakmampuan Yesus untuk memikul salib-Nya sendiri pastilah disebabkan oleh hukuman yang berat ini (ayat Mat 27:32; Luk 23:26). "Dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh" (Yes 53:5; 1Pet 2:24). (Mengenai tahap kelima dari penderitaan Yesus,

    lihat cat. --> Mat 27:28).

    [atau ref. Mat 27:28]



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA